Pages

Apa Itu Stalagmit?

Stalagmit yaitu pembentukan gua secara vertical, dari bawah ke atas. Pembentukannya terjadi akibat kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes. Stalagmit ditemukan di bawah stalaktit. Mineral pembentuk stalagmite adalah kalsium karbonat, mineral ini merupakan mineral yang paling dominan. Mineral lain pembentuk stalagmite adalah opal, kalsedon, sulfide dan limonit. 
Stalagmit: Fenomena Alam Langka
Stalagmit
Bentuk dari stalagmite sendiri ada beberapa bentuk yang lebar, tinggi, pendek bahkan ada yang seperti menara. Tingkat tetesan airnya mempengaruhi bentuk stalagmite. Semakin intens air menetes, maka stalagmite yang terbentuk cukup tinggi. Kemudian, ketinggian langit-langit, kandungan karbonat dalam air yang menetes dan kondisi atmosfer gua juga ikut mempengaruhi bentuk stalagmite. 

Contoh sederhananya, saat anda melakukan kegiatan pecinta alam menelusuri gua, mungkin akan menemukan berbagai bentuk stalagmite. Stalagmite kurus terjadi karena pengendapan kalsit yang terjadi dengan cepat. Anda bisa menemukan jenis stalagmite ini di daerah tropis yang memiliki tingkat karbondioksida tinggi merupakan daerah kering sehingga pengendapan mineralnya dipercepat oleh penguapan. 

Syarifah Aqila An-Najah

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar